Sinopsis Saltburn (2023)

106520 votes, average 7.1 out of 10

Tahun 2006, Oliver berjalan memasuki Universitas Oxford. Dia diterima di universitas tersebut dengan mendapatkan beasiswa. Latar belakangnya yang dari keluarga biasa saja membuatnya berbeda dari sebagian besar temannya yang berasal dari keluarga kaya. Awalnya, hanya Michael Gavey, mahasiswa aneh yang mau berteman dengannya. Selain itu, dia juga tidak merasa cocok dengan Farleigh Start, teman satu jurusannya.

Suatu ketika, saat Oliver kembali dari suatu tempat, dia bertemu dengan Felix yang sedang ada masalah dengan sepedanya yang kempes. Oliver kemudian meminjamkan sepedanya kepada Felix dan Felix pun sangat berterima kasih.

Seiring berjalannya waktu, hubungan Oliver dengan Felix semakin erat. Felix terlihat mengagumi Oliver. Oliver pun mulai mengabaikan Michael, meski Michael mengingatkannya bahwa Felix dan teman-temannya akan bosan dengannya suatu hari nanti.

Di suatu momen, Annabel, pacar Felix, malah terlibat intim dengan Oliver setelah dia tidak diajak dalam acara Felix. Padahal Annabel pernah merendahkan Oliver karena latar belakang ekonominya yang kurang mampu. Dan setelah beberapa waktu, Felix juga mulai merasa kesal terhadap Oliver yang terlalu mengejar-ngejarnya.

Suatu hari, Oliver datang ke kamar Felix sambil menangis. Dia menceritakan bahwa baru saja mengetahui bahwa ayahnya meninggal. Dia juga menyampaikan bahwa dia tidak bisa pulang karena ibunya merupakan seorang pecandu narkoba, dan dia merasa tidak aman di rumahnya sendiri. Akhirnya, Felix menawarkan agar Oliver bergabung dengan keluarganya di Saltburn selama liburan musim panas.

Setelah ujian akhir selesai, Oliver bersama Felix pergi ke Saltburn dan tiba di rumah besar keluarga Felix. Oliver bertemu dengan orang tua Felix, Sir James dan Lady Elspeth, serta adik perempuan Felix, Venetia, dan teman Lady Elspeth, Pamela. Lady Elspeth mulai menanyakan hal-hal pribadi kepada Oliver mengenai keluarganya dan kehidupan di rumahnya. Farleigh juga ikut tinggal di Saltburn, karena ternyata dia adalah sepupu Felix.

Baca juga:  The King's Daughter (2022)

Selama berada di sana, hubungan Oliver dengan Felix, Venetia, dan Farleigh semakin erat. Mereka menghabiskan waktu bersama, bersantai di halaman, dan lain-lainnya. Meski semakin dekat dengan Felix, Oliver juga mulai akrab dengan Elspeth dan Venetia. Bahkan, dia berhasil mempengaruhi Elspeth agar menjauhkan Pamela dari Saltburn.

Suatu malam, Oliver menemui Venetia di kebun, dan kejadian yang tidak pantas terjadi. Farleigh menyaksikan kejadian ini dan memberi tahu Felix. Felix jelas tidak senang melihat Oliver terlibat secara intim dengan adiknya, karena dia tidak mau berbagi barang-barang miliknya dengan siapapun.

Keluarga Felix kemudian menyelenggarakan sebuah acara di mansion mereka. Pada sesi karaoke, Farleigh menyindir Oliver dengan mengajaknya naik panggung dan menyanyikan lagu “Rent” dari Pet Shop Boys. Lagu itu adalah bentuk ejekan pada Oliver karena dia terkesan sudah menjadi bagian dari Saltburn.

Malamnya, Oliver memasuki kamar Farleigh untuk mengancamnya karena telah melaporkan apa yng dia lihat pada Felix. Namun dia juga menawarkan kerja sama dengan memberikannya ‘bantuan’.

Keesokan paginya, Farleigh diusir dari Saltburn karena dituduh mencuri barang dari rumah. Kemudian siangnya, Elspeth dengan santai menyampaikan pada Oliver bahwa Pamela meninggal karena bunuh diri.

Saat liburan hampir berakhir, Ayah Felix merencanakan pesta untuk ulang tahun Oliver. Tiba-tiba, Felix memberikan kejutan untuk Oliver dengan mengajaknya ke rumah ibunya. Setelah tiba di rumah Oliver, Felix terkejut melihat bahwa ibu Oliver, Paula, dalam keadaan baik-baik saja. Bahkan dia sangat ramah. Beda dengan apa yang telah diceritakan Oliver. Bahkan ayahnya, Jeff, masih hidup, dan keluarga tersebut cukup berada.

Felix merasa sangat marah karena kebohongan Oliver. Dia menyuruh Oliver meninggalkan Saltburn setelah acara pesta.

Baca juga:  Siksa Kubur (2024)

Malamnya saat pesta, Farleigh tiba-tiba muncul dan mengatakan bahwa dia tetap aka nbalik ke Saltburn meski sudah diusir karena bagaimanapun juga dia adalah bagian dari keluarga, beda dengan Oliver. Saat para tamu menyanyikan lagu untuk Oliver, mereka bahkan tidak tahu siapa itu Oliver, membuatnya merasa kecewa.

Oliver kemudian membuntuti Felix yang memasuki labirin di kebun bersama seorang cewek. Dia mencoba minta maaf dan berharap hubungan mereka tetap baik, tetapi Felix sudah muak dengannya.

Paginya, Oliver mendengar orang-orang memanggil Felix dengan panik. Ternyata Felix ditemukan tewas di tengah labirin, tempat di mana semalam dia bertemu dengannya. Farleigh dan Venetia terkejut dan pingsan mendengarnya. Oliver kemudian bergabung untuk makan siang dengan suasana yang tidak enak. Farleigh dituduh mengonsumsi obat-obatan yang mungkin berhubungan dengan kematian Felix.

Setelah pemakaman Felix, Elspeth meminta Oliver untuk tetap tinggal di Saltburn. Ketika Oliver masuk ke kamar mandi ternyata Venetia tengah berendam di sana. Venetia mulai menuduhnya mengejar-ngejar keluarganya, karena Oliver terlihat terobsesi dengan Felix meskipun baru mengenalnya selama enam bulan.

Esok harinya, Venetia juga ditemukan tewas di bak mandi dengan urat nadi tangan yang tersayat. Setelah pemakamannya, James menyuruh Oliver pergi dari Saltburn dan memberinya uang.

10 tahun kemudian, Oliver terlihat membaca koran tentang berita kematian James di sebuah kafe. Tak lama, Elspeth datang dan sangat senang bertemu dengannya. Setelah berbincang beberapa saat, Elspeth mengundangnya untuk kembali ke Saltburn.

Pada akhirnya, terungkaplah bahwa Oliver sebenarnya telah lama berhubungan dengan Elspeth. Dia mengakui semuanya pada Elspeth yang yang kini dalam kondisi sekarat, bahwa dialah yang bertanggung jawab atas semua yang terjadi pada keluarganya. Oliver sengaja menusuk ban sepeda Felix agar bisa mengenalnya dan masuk ke dalam hidupnya.

Baca juga:  Madame Web (2024)

Saat di labirin, dia juga meracuni Felix dengan memberinya minuman dalam botol. Dia juga menyelipkan pisau cukur di dekat Venetia untuk memberinya ide untuk bunuh diri. Oliver juga mengirim email palsu untuk menyingkirkan Farleigh dari Saltburn. Dan dia berhasil membuat Elspeth menandatangani surat wasiat agar semua asetnya diwariskan untuk Oliver.

Oliver juga bercerita bahwa dia menyukai sekaligus membenci Felix, tetapi dia tidak pernah benar-benar mencintainya. Dia kemudian mencabut selang pembantu pernapasan Elspeth hingga membuatnya tewas.

Oliver menari-nari telanjang di seluruh ruangan sambil mendengarkan lagu “Murder on the Dancefloor”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *